Cara Membuat Blog di HP Untuk Pemula [Gratis]

Cara Membuat Blog; Menggunakan Smartphone [Untuk Pemula] Shtalk.

Cara Membuat Blog Menggunakan Smartphone Untuk Pemula

Selamat datang kembali di blog Shtalk, bersama saya, Hida. Ouke, di postingan ini saya akan membahas bagaimana sih cara membuat blog? Apa harus menggunakan laptop atau PC? Bisa gak sih kalau cuma lewat hp atau smartphone? Nah berikut pembahasannya.

Bagaimana sih cara membuat Blog?

Membuat blog itu caranya gampang banget. Tapi sebelumnya, untuk kalian yang masih pemula banget, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu postingan saya berikut ini:

Nah jadi, berikut adalah tahapan dalam membuat blog secara ringkas:

  1. Tentukan jenis konten
  2. Tentukan nama untuk blog mu
  3. Tentukan url atau alamat untuk blog mu
  4. Membuat blog

Kenapa kalian harus terlebih dahulu nentuin jenis konten? Supaya kalian punya rencana yang ter-arah untuk blog kalian. Contoh jenis kontennya seperti lifestyle, daily life, makanan atau kuliner, review, teknologi, edukasi, sport, traveling, dll.

Kemudian, tentukan nama untuk blog mu. Kalian pikirin deh tuh, nama apa yang bagus untuk blog kalian. Saya sarankan jangan pake nama sendiri. Atau kalau mau, ya bisa pake inisial saja mungkin. Semua terserah padamu… ♪

Setelah itu, kalian tentukan url atau alamat untuk blog nya. Nah habis itu kalian tinggal buat deh blognya. Buatnya dimana? Apa harus pake PC atau laptop? Gak kok, pake smartphone juga bisa. Tapi sebelum itu, kalian bisa baca dulu postingan saya berikut ini:

Cara Membuat Blog di Situs Blogger

Buka Situs Blogger

Kalian tinggal ketik www.blogger.com atau blogger.com aja biar cepet di kolom url browser kalian. Atau kalau dari google juga bisa, nanti muncul situsnya terus tinggal kalian klik deh.

Nah nanti tampilan awalnya akan seperti dibawah ini, lalu kalian bisa klik BUAT BLOG.

Login ke Akun Google / Gmail

Setelah kalian klik buat blog, maka tampilan selanjutnya akan seperti ini:

Kalian akan disuruh login pake akun google atau gmail. Nah, kalo kalian belum punya, kalian bisa baca dulu postingan berikut ini:

Jika kalian sudah punya, ya tinggal login yaah. Hehe. Ikuti saja setiap langkah yang nanti diberikan.

Masukkan Nama untuk Blog Mu

Nah setelah login, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah, lalu kalian bisa masukkan nama untuk blog kalian.

Kalian bebas memasukan nama yang kalian suka. Pemilihan hurufnya juga bebas. Apakah mau huruf kapital semua, atau huruf kecil semua, atau huruf kapital diawal lalu setelahnya huruf kecil. Apakah mau tanpa spasi atau dengan spasi. Apakah mau memakai tanda baca atau tidak. Bisa juga kalian tambahkan angka. Suka-suka hati kalian pokoknya. Contoh: Diamond Micro. Setelah itu klik NEXT.

Masukkan Url atau Alamat untuk Blog Mu

Lalu tampilannya akan seperti gambar dibawah. Setelah itu kalian bisa masukkan url untuk blog kalian.

Nah, karna kita membuatnya di situs Blogger. Maka, di alamat blog kita nanti bakal ada embel-embel blogspot.com nya. Kalian tidak bisa menolak. Kalau kalian mau, kalian bisa membeli domain sendiri, agar bisa sesuai dengan keinginan kalian.

Selain itu, kalian juga hanya bisa memakai url yang tersedia. Jika muncul tulisan merah seperti dibawah ini:

Itu artinya kalian tidak bisa memakai url tersebut. Kalian harus cari url yang lain. Hal ini bisa terjadi, mungkin karna url tersebut sudah ada yang memiliki. Nah jika muncul tulisan seperti dibawah ini:

Barulah itu artinya kalian bisa menggunakan url tersebut. Kalian tidak bisa menggunakan huruf besar, angka, dan menambahkan tanda baca lain selain strip (-). Contoh yang benar: diamond-micro. Setelah itu, klik NEXT.

Masukkan Nama Mu

Tampilan selanjutnya akan seperti gambar di bawah ini:

Nah kalian bisa masukan nama kalian. Nama inilah yang akan dimunculkan ke para pembaca blog kalian. Gak harus diisi dengan nama kalian sih. Bisa juga dengan nama blog kalian, atau admin gitu, atau inisial. Bebas pokoknya. Contoh: Admin. Setelah itu klik FINISH.

Dan horee! Selesai sudah, blog berhasil dibuat. Setelah itu tampilannya akan seperti ini:

Dalam contoh ini, maka blog saya bernama Diamond Micro yang url-nya adalah diamond-micro.blogspot.com, dan nama profil saya adalah Admin.

Jika ada notifikasi berwarna biru dan oranye, bisa langsung kalian klik saja tanda x di pojok kanan atas.

Oya, kalian sudah bisa lho mengunjungi blog kalian, dengan mengetik url blog kalian di kolom url browser. Blognya sudah bisa dilihat, namun masih kosong belum ada postingan. Lalu, bagaimana cara membuat postingan diblog? Nah, kalian bisa coba klik tombol plus (+) di pojok kanan bawah. Perhatikan gambar dibawah ini:

Atau Paca bisa coba baca postingan saya berikut ini:

Selesai sudah pembahasan kali ini. Terimakasih karna sudah berkunjung. Nantikan postingan saya berikutnya yaaa. See you Paca!