Jenis-Jenis Keyboard Selain Qwerty; Ada Keyboard Apa Saja?

Jenis-jenis-keyboard-selain-keyboard-qwerty

Jenis-Jenis Keyboard Selain Qwerty; Ada Keyboard Apa Saja?

Halo Paca! Kembali lagi bersama saya, Hida. Kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis keyboard. Keyboard ngetik ya, bukan alat musik keyboard – itu mah kibor.

Nah kalian pasti sudah tau dengan yang namanya keyboard Qwerty. Tapi kalian tau gak, kalau ternyata ada jenis keyboard lain selain Qwerty. Apa saja itu? Berikut jenis beserta penjelasannya.

Keyboard Qwerty

Keyboard yang setiap hari kita gunakan ini, ditemukan pada tahun 1878. Keyboard Qwerty menjadi standar pada mesin tik komersial pada tahun 1905. Nama Qwerty sendiri diambil berdasarkan 6 huruf yang berurutan pada baris kedua dari tombol alfa numerik keyboard tersebut.

Keyboard Dvorak

Keyboard ini ditemukan pada tahun 1932. Susunan huruf pada keyboard Dvorak disusun sedemikian rupa, dan tata letaknya dirancang supaya (70% dari penekanan pada home row) dapat mengurangi kelelahan ketika pengetikan. Pada keyboard ini, tangan sebelah kanan akan lebih banyak dibebani pekerjaan daripada tangan sebelah kiri. Hm, semangat tangan kanaaan!

Keyboard Alphabetic

Tombol yang terdapat pada keyboard ini disusun sama persis seperti pada keyboard Qwerty dan Dvorak. Akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet. Keyboard ini jarang sekali digunakan, karena memperlambat kecepatan dalam pengetikan. Pernah mencoba?

Keyboard Numeric

Keyboard numeric merupakan jenis keyboard yang digunakan untuk memasukan bilangan dalam jumlah yang sangat besar, orang-orang lebih menyukai menggunakan tombol numeric yang tata letaknya dapat dengan mudah di jangkau menggunakan tangan, sehingga lebih nyaman digunakan. Kaya kamu, yang lebih bisa bikin nyaman daripada…

Keyboard Klockenberg

Keyboard ini dibuat dengan tujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard yang telah ada. Dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Bagian kiri dan kanan pada keyboard ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta dibuat miring ke bagian bawah. Dan keyboard ini memiliki tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja. Seperti itu.

Itu dia jenis-jenis keyboard selain Qwerty yang bisa saya share ke Paca. Next, saya bakal bahas mengenai fungsi dari tombol-tombol keyboard. Sampai jumpa di postingan berikutnya, bye. 😉