Cara Menambahkan atau Mengganti Favicon Blog

Cara Menambahkan atau Mengganti Favicon Blog Shtalk.

Cara Menambahkan atau Mengganti Favicon Blog

Ekhem. Apakabs Paca?! Gimana kantongnya, sehat? Wk. Bertemu kembali dengan saya, Hida. Oke langsung saja, kali ini saya bakal bahas, gimana sih cara menambahkan atau mengganti favicon blog di blogspot? Nah, sebelum itu, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengenai…

Apa sih itu favicon?

Favicon itu singkatan dari favorit icon. Nah favicon ini berfungsi sebagai pembeda blog. Paca coba perhatikan gambar dibawah ini:

Terlihat kan bedanya? Nah dengan adanya favicon, pembaca jadi lebih mudah membedakan situs apa yang sedang dibuka di tab pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Karna biasanya, yang muncul di title hanya judul postingan. Kalaupun terdapat nama situs, itupun biasanya terpotong, jadi tetap tidak ketahuan dari situs mana postingan tersebut. Nah, favicon ini berfungsi untuk menggantikan nama dari sebuah situs.

Paca sudah tau? Kalau setiap blog yang dibuat dari situs blogger, itu secara otomatis favicon-nya adalah logo Blogger sendiri. Nah, kalo dipikir-pikir, ya blog kita jadi terkesan pasaran gitu kan jadinya, gak terlihat profesional. Maka dari itu, postingan ini dibuat.

Lalu, bagaimana cara menambahkan favicon?

Caranya sangat mudah. Bisa dari menu Tata Letak, ada di widget paling atas. Biasanya ada tulisan Favicon. Tapi jika Paca sudah pernah mengganti template blog dengan template dari pihak ketiga / bukan dari template yang disediakan oleh pihak blogger. Biasanya widget favicon suka hilang sih. Jadi, bisa pake cara yang akan saya jelaskan disini. Nah, berikut adalah caranya:

Pertama, kalian buka dashboard blogger, lalu klik tiga garis yang ada di ujung kiri atas dashboard.

Setelah itu, pilih menu Setelan.

Kemudian, klik tulisan Favicon.

Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

Setelah itu Paca bisa klik Pilih File. Kemudian Paca bisa pilih gambar mana yang ingin dijadikan sebagai favicon.

Nah, Paca bisa lihat pada gambar diatas, ada notice bahwasannya Paca harus gunakan file berbentuk bujur sangkar atau persegi, dan ukuran filenya harus kurang dari 100kb. Untuk ekstensi filenya, Paca bisa gunakan gambar ber-ekstensi .ico, .png, dan .jpg.

Jika sudah, Paca bisa langsung klik Simpan. Dan, selesai. Untuk mengganti favicon, juga caranya seperti ini ya. Oya, jika tampilannya masih seperti sebelumnya, Paca bisa tutup saja jendela yang sedang dibuka. Dan jika favicon masih belum berubah, bisa ditunggu saja, biasanya gak akan butuh waktu lama kok.

Baiklah, mungkin itu saja yang bisa Hida share di postingan kali ini. Terimakasih karna sudah berkunjung.

See you. o/