Pembahasan Mengenai Blog, Blogger, dan Blogging [Untuk Pemula]

Pembahasan Mengenai Blog, Blogger, dan Blogging [Untuk Pemula] Shtalk.

Pembahasan Mengenai Blog, Blogger, dan Blogging [Untuk Pemula]

Apakabs Paca dirumah!

Kembali lagi bersama saya, Hida. Ok, kali ini saya akan membahas mengenai apa sih blog itu? Blogger itu siapa? Blogging itu apa? Dan lain-lain. Disini saya akan jelaskan secara ringkas, dengan tujuan, agar Paca bisa lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Ok, berikut pembahasannya.

Blog itu apa sih?

Blog adalah jurnal harian berupa tulisan yang dipublikasikan secara online. Paca tau vlog? Vlog itu video blog. Nah vlog itu biasanya berisi keseharian atau aktifitas seseorang. Nah begitupun dengan blog, sama aja. Isinya ya kaya jurnal gitu.

Blogger itu apa?

Nah blogger, adalah penulis blog. Orang yang menulis blog, itu namanya blogger.

Nah kalo blogging?

Blogging itu nama dari aktifitasnya. Blogging sama dengan menulis blog. Misal, ada orang bertanya ke kamu. 'Eh kamu aktifitas sehari-harinya ngapain aja?' Kamu bisa jawab, 'blogging'. Itu sama kaya kamu jawab, 'nulis blog'. Nah blogging ini lebih sering disebut sebagai 'nge-blog' sih.

Paca mau baca?
Cara Membuat Blog Lewat Smartphone untuk Pemula

Blog itu sama kaya website gak?

Beda. Blog itu kontennya selalu diperbaharui. Sedangkan website, lebih sering berupa halaman yang cenderung statis, atau bisa dibilang, kaku dan gak terlalu sering ada perubahan. Contoh blog, ya blog Shtalk ini. Kalo contoh website, bisa kunjungi website resmi Prakerja. Terlihat kan perbedaannya?

Apa alasan orang ngeblog? Emang ada manfaatnya?

Manfaatnya banyak. Alasan orang ngeblog itu bermacam-macam. Ada yang hanya karna iseng atau hobi, ada yang untuk menyalurkan aspirasi dan perasaan, berbagi informasi, menghibur, dan banyak juga orang yang ngeblog karna ingin mendapatkan uang atau penghasilan.

Ngeblog bisa dapetin uang? Gimana caranya?

Ada banyak cara. Misal, dengan monetisasi, afiliasi, endorsement, lomba, dan lain-lain.

Btw, blogger diluar sana biasanya bikin konten apa ya?

Banyak macem. Tapi biasanya itu masih berhubungan dengan apa yang dia sukai atau minati sih. Misal: traveling, kuliner, DIY, sport, edukasi, berita, dan lain-lain.

Terus BW atau Blog Walking itu apa?

Nah, bw atau blog walking itu aktifitas dari para blogger yang berjalan-jalan alias berkunjung ke blog-blog lain. Baik itu hanya sekedar untuk meningkatkan traffic kunjungan si empunya blog atau untuk mencari referensi dan inspirasi nge-blog. Nah biasanya istilah ini sering muncul di grup-grup blogger.

Saya pernah dengar situs nge-blog terpopuler, itu situs Blogger. Maksudnya gimana sih?

Nah kalo yang dibicarakan adalah situs Blogger, gak ada yang salah kok dari pernyataan itu. Jadi, situs Blogger itu dulu namanya Blogspot. Nah terus, berubah jadi Blogger. Emang kadang bikin bingung juga sih. 'Seorang blogger menyarankan dia untuk bikin blog di situs blogger.' Wkwk. Btw, ngomongin soal situs nge-blog…

Paca mau baca?
Situs Ngeblog Terpopuler Rekomendid untuk Pemula

Dan yak, mungkin segitu aja yang bisa saya share ke Paca sekalian. Tetap patuhi protokol kesehatan ya. Semoga kita semua sehat-sehat dan bahagia.

See you Paca! o/