Pengertian dan Sejarah Microsoft Word

Pengertian dan Sejarah Microsoft Word

Pengertian dan Sejarah Microsoft Word

Halo Paca. Kembali lagi bersama saya, Hida di Shtalk. Oke, kalian pasti tau kan Microsoft Word? Kalian juga pasti udah pernah dong coba make aplikasi tersebut. Iya gak?

Tapi kalian tau gak sih pengertian dan sejarah dari aplikasi pengolah Microsoft Word ini? Pasti belum tau kan? Nah, Paca bisa coba baca postingan ini sampai akhir. Biar kalian tau sejarah Microsoft Word itu seperti apa. Ok. Berikut penjelasannya…

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix.

Versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007, Multi-Tool Word diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, cukup dinamakan Word.

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.

Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu, dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.

Word memiliki konsep "What You See is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IMB PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yangs saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse.

Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, hanya menampilkan teks dan kode markup juga warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sehagainya.

Word untuk Macintosh memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser.

Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.

Versi selanjutnya dari Word of Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tetapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan 3.01 yang jauh lebih stabil.

Semua pengguna terdaftar di Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft yang paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.

Sejarah Microsoft Word

Charles Simonyi, seorang pengembang dari Bravo, sistem pengolah kata GUI pertama yang dikembangkan di Xerox PARC. Charles dipinang Microsoft pada tahun 1981, untuk membuat proyek untuk Microsoft.

Setelah bergabung dengan Microsoft, Charles Simonyi kemudian mengerjakan proyek sistem pengolah kata, yang selanjutnya dikenal dengan Multi-Tool Word. Dalam mengerjakan proyek tersebut, Charles tidaklah bekerja seorang diri, dia merekrut Richard Brodie yang tak lain adalah seorang mantan pegawai Xerox. Saat bekerja di Xerox, Richard menjabat sebagai kepala software engineering. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kronologinya:

Tahun Penjelasan
1983 Microsoft meluncurkan Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS. Namanya pun segera berganti menjadi Microsoft Word.
1986 Microsoft meluncurkan Word untuk Atari ST dan dinamakan Microsoft Write.
1987 Microsoft meluncurkan Microsoft Word yang kedua untuk sistem operasi Mac OS, dan diberi nama Word 3.0 untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Microsoft Word untuk DOS. Versi 3.0 ini sangat menarik dilengkapi dengan banyak fitur, sayangnya kemudian banyak muncul bug. Sehingga kemudian Microsoft meluncurkan Word 3.01.
1989 Versi pertama dari Word untuk sistem operasi Windows resmi diluncurkan. Dan dilanjutkan dengan Windows 3.0 pada tahun berikutnya. Di masa inilah Microsoft mulia berjaya dan segera menjadi pemimpin pasar untuk program pengolah kata (word processor) untuk komputer PC kompatibel IBM.
1991 Microsoft meluncurkan sebuah versi Word untuk DOS, yaitu versi 5.5. Versi ini mengganti user interface-nya dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi Windows.
1992 Word 5.1 untuk Mac OS dirilis. Versi ini merupakan versi Word yang paling populer saat itu karena sangat bagus, relatif mudah penggunaanya, dan fiturnya juga lengkap. Banyak pengguna mengatakan ini adalah versi terbaik dari Word untuk Mac OS yang pernah dibuat.
1993 Microsoft kembali meluncurkan Word 6.0 yang merupakan versi terakhir dari Word untuk sistem DOS. Dan disini Microsoft kembali lagi mencoba melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produknya untuk seluruh platform di DOS, Mac OS, dan Windows.

Sejarah Microsoft Word untuk Mac OS dan OSX

Memasuki tahun 1995, sejarah Microsoft Word berkembang dengan signifikan. Khususnya saat Microsoft memperkenalkan sistem operasi racikannya, Microsoft Windows. Hal inilah yang mendukung penyebaran pengguna yangs sangat banyak. Dan berikut adalah kronologi sejarahnya:

Tahun Penjelasan
Word versi 32-bit pertama untuk Windows yaitu Word 95, diluncurkan dengan Office 95 secara bersamaan dengan diluncurkannya Windows 95.
1997 Microsoft merilis versi pertama dari Word 98 yang dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition.
2000 Tahun 2000, Microsoft meluncurkan Word 2021 yang juga merupakan versi terakhir yang bisa berjalan pada sistem operasi Mac OS.
Mei 2004 Microsoft meluncurkan Word 2004.
2008 Microsoft meluncurkan Word 2008.
2010 Microsoft meluncurkan Word 2010 yang mendukung Windows 8, Windows 7, dan Windows Vista (dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3).
Oktober 2011 Microsoft meluncurkan Word 2011.
2013 Sejarah Microsoft Word akhirnya berlanjut dengan diluncurkannya Microsoft Word 2013 untuk Windows 8, Windows 7, dan Windows Server 2007 R2.

Nah, itulah pengertian dan sejarah dari Microsoft Word. Semoga bisa menambah pengetahuan Paca. Aamiin. See you! o/